Ini Nama Baru Vaksin Sinovac Di Ri

“Ini penting agar kita tidak sekedar menjadi Negara pengguna dan pembeli, tetapi menjadi Negara pembuat. Penting bagi Indonesia untuk membangun keunggulan daya saing nasional berbasis para innovator handal nasional. Kita bisa kalau kita mau,” pungkas Mulyanto. Pada akhir tahun ini ditargetkan Vaksin Merah Putih akan selesai uji coba dengan hewan. Sehingga awal tahun 2021 mendatang bibit vaksin dapat diserahkan kepada Bio Farma untuk dilakukan uji klinis dan produksi. Meski saat ini vaksin masih dalam pengembangan, namun persiapan terus dilakukan. Termasuk pengajuan izin produksi bagi perusahaan swasta yang ikut memproduksi nantinya.

Ia menambahkan, Indonesia juga menjadi sasaran pengujian vaksin lantaran latar belakang letak geografis, beberapa kelompok umur yang berbeda, beserta kelompok sosial ekonomi yang beragam. Game Slot Online Seluruh vaksin COVID-19 yang beredar telah memperoleh izin penggunaan dari BPOM. Pemberian vaksin atau vaksinasi sudah dilakukan di Indonesia sejak 1956 lewat imunisasi cacar.

Biofarma sudah bekerja sama dengan Eijkman Institute dan juga Kementerian Riset dan Teknologi untuk melakukan penelitian dalam pengembangan vaksin tersebut. Apalagi Biofarma selama ini sudah punya rekam jejak yang baik dalam bidang pengembangan vaksin. Sinovac Biotech Ltd. sendiri merupakan perusahaan pengembangan medis yang besar di Negeri Tirai Bambu itu. Dilansir dari Bisnis.com, perusahaan ini berangkat dari tahun 1993 ketika sang Chief Executive Officer Weidong Yin dan tim di Tangshan Yian Biological Engineering Co. Ltd. terlibat sebagai ilmuwan China pertama dalam kegiatan riset dan pengembangan untuk menemukan vaksin dari penyakit hepatitis A yang akhirnya rampung pada 1999. Sementara para ilmuwan tengah berpacu mengembangkan obat dan vaksin untuk menghalau penyebaran dan tingkat kematian dari virus yang terdeteksi pertama kali di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu ini.

Para peneliti tengah mempelajari vaksin COVID-19 dan kaitannya dengan ibu menyusui, tetapi informasi yang tersedia saat ini masih terbatas. Sesuai saran WHO, vaksin dapat ditawarkan kepada ibu menyusui yang juga termasuk kelompok prioritas vaksinasi—contohnya, ibu menyusui yang juga seorang tenaga kesehatan. Pemberian ASI dapat dilanjutkan setelah vaksinasi; ASI tetap merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi anak dari berbagai macam penyakit dan membantu mereka agar tetap sehat. Pengembangan vaksin COVID-19 yang aman dan efektif adalah langkah penting dalam upaya global untuk mengakhiri pandemi, agar masyarakat dapat kembali berkegiatan seperti biasa dan bertemu dengan keluarga serta kerabat tercinta.

“Lonjakan kasus yang terjadi perlu penanganan ekstra. Adanya bantuan berupa wisma untuk tenaga medis, ini sangat membantu. Karena Pemkot Tangsel pun melakukan upaya untuk warga terdampak,” paparnya. Bila vaksin berhasil diproduksi nanti, maka penggunaannya pun tak langsung sembarangan. Tenaga kesehatan dan kelompok rentan, terutama yang berada di zona merah, diprioritaskan untuk mendapat vaksin pertama kali. Saat ini Bio Farma sedang sibuk memproduksi sekaligus mendistribusikan vaksin Sinovac asal China.

Merupakan tugas Badan POM dalam mengawal khasiat dan keamanan obat sebelum dan sesudah beredar. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, Kemkes terus mendorong kemandirian obat, vaksin, dan alat kesehatan untuk penanganan pandemi sekarang ini. Untuk pengembangan vaksin Covid-19, Kemkes bersama Kementerian Ristek membuat dua strategi, yaitu melalui kolaborasi dalam negeri, dan kolaborasi internasional. Satu lagi kapasitas produksi segera diinstal peralatannya dan segera beroperasi di Desember 2020, sehingga awal 2021 dapat mempercepat produksi vaksin Covid-19. SII akan mengirimkan ninety juta dosis vaksin untuk COVAX selama Maret dan April dan, meskipun belum jelas berapa banyak yang akan dialihkan untuk penggunaan domestik, fasilitator program memperingatkan bahwa penundaan pengiriman tidak bisa dihindari. Saat ini, tim uji klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran tengah melakukan uji klinis tahap ketiga terhadap bakal calon vaksin Covid-19.

Indonesia sedang memproduksi vaksin

Bulan lalu, pihak berwenang meningkatkan upaya merampingkan pasokan dengan mengalokasikan dana untuk menempatkan 500 pabrik oksigen medis di seluruh India dalam waktu tiga bulan. Namun beberapa tekanan itu mereda ketika pemerintah pusat dan negara-negara bagian meningkatkan upaya mereka untuk mengelola wabah. Sementara aliran bantuan internasional menyediakan beberapa pasokan medis yang sangat dibutuhkan. Pada Selasa, pejabat India dan pakar kesehatan menyambut baik rencana pemerintah untuk memberikan suntikan gratis kepada semua orang dewasa, tetapi memperingatkan bahwa vaksinasi harus dipercepat untuk mencegah lonjakan infeksi baru.

Terkait pertemuan ini, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa di sektor BUMN, Indonesia dan Cina telah menjalin sejumlah kesepakatan penting. “Kita juga menyiapkan dosis cadangan sehingga complete jumlah dosis yang dibutuhkan berdasarkan diskusi terakhir dengan Kemenkes lebih kurang 426 juta dosis vaksin untuk 181 juta rakyat Indonesia,” jelasnya. Nantinya, regulator dari setiap negara akan meninjau hasil uji coba dan memutuskan apakah akan menyetujui vaksin atau tidak. Vaksin COVID-19 melewati uji klinis untuk memeriksa keamanan dan keefektifannya dalam mencegah virus corona.

Abel