Sukoharjo Tanggap Covid

Ia sependapat bila penanganan bencana alam di era pandemi Covid-19 saat ini kondisinya jauh luar biasa dan memerlukan biaya yang jauh lebih tinggi, dan semua itu harus dipersiapkan lebih banyak. Sebagai contoh, di saat akan akan mengirim tim kesehatan, seperti tim kesehatan UGM maka banyak hal yang harus dipikirkan. Sempat berkeliling di puskesmas-puskesmas terutama yang di Mamuju, Gde Yulian menyatakan bencana gempa kali ini sunguh sangat berbeda, karena selain merespons bencana juga harus mempedulikan protokol kesehatan yang menjadikan penangangan sangat sulit sekali. Penanganan bencana di era KONG4D pendemi saat ini menjadikan tantangannya kian berlipat. Penanganan memerlukan waktu, tenaga dan biaya yang jauh berlipat dibanding kondisi bencana di masa tidak pandemi Covid-19.

Penanganan bagi korban covid

Sudah ratusan negara yang mencatatkan kasus positif corona dengan jutaan pasien di seluruh dunia. Sebaliknya, mereka membutuhkan dukungan, kasih sayang, dan kebaikan. Cara kerja PeduliLindungi dipasang di ponsel orang yang positif terjangkit Covid-19. Aplikasi ini memiliki fitur tracking, pelacakan, dapat melihat log pergerakan orang yang positif terinfeksi virus corona selama 14 hari ke belakang.

Menurutnya, dapat dipahami bahwa di tengah kondisi pandemi ini, perekrutan atau pengerahan relawan akan sangat terbatas, dimana masing-masing individu pasti berpikir keras untuk menjadi relawan di tengah pandemi. Namun, kondisi ini bisa dialihkan dengan melakukan perekrutan melalui daring atau online recruitment. “BNPB dan BPBD harus terus berkoordinasi dengan lembaga pemerintah lainnya yang mempunyai fasilitas untuk deteksi dini bencana seperti BMKG, BIG dan PVMBG,” ujar Adi. Pakar kebencanaan Unhas menyarankan lima strategi penanganan bencana di masa pandemi COVID-19. Normal baru yang dikampanyekan pemerintah tersebut tidak lepas dari kondisi tiga bulan terakhir masa pandemi yang memukul banyak sektor usaha dan roda perekonomian.

Kemudian, keluarga diperkenankan melihat jenazah untuk terakhir kalinya dengan syarat harus menggunakan alat perlindungan diri lengkap dengan jarak minimal 1 meter dari jenazah. “Pihak korban seharusnya tidak dibiarkan sendirian menghadapi kekerasan dan harus tetap mendapatkan bantuan dari pihak lain, meskipun dalam kondisi pandemi ini,” kata dia. Di sisi lain, larangan perjalanan Presiden Donald Trump pada 26 negara Eropa telah mulai berlaku di AS, sebagai bagian dari rencana darurat untuk mengatasi krisis virus corona. Ini termasuk cuti sakit yang dibayar dengan periode dua minggu, cuti medis hingga hingga tiga bulan, pengujian virus free of charge untuk mereka yang tidak memiliki asuransi dan bantuan makanan.

Selain menyulitkan untuk menggali kubur, APD yang ada jumlahnya juga terbatas. Tak heran mereka memilih hanya menggunakan seragam itu saat mendapat giliran mengangkut jenazah. Setiap APD hanya digunakan untuk lima kali pengangkutan jenazah. Para petugas mendapatkan sif dalam sepekan antara mengangkut peti jenazah dan menggali lubang makam, tergantung tingkat kelelahan dan berat peti yang diangkat. Selama pandemi, para pekerja TPU memang menjadi bekerja lebih keras.

Abel