Sepuluh Hari Di Wisma Atlet, Pasien Otg Melawan Covid

“Bedanya hanya ada dokter yang tersedia di wisma untuk kami tanyai soal gejala dan sebagainya. Selebihnya, sama saja. Bahkan obat yang kami konsumsi itu diberikan dari Puskesmas yang merujuk kami,” katanya. JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah telah mengalihfungsikan Wisma Atlet Kemayoran dan Wisma Atlet Pademangan sebagai tempat untuk merawat pasien Covid-19. Untuk itu, dr Nurrobi mengatakan bagi pasien anak-anak dan kelompok usia lanjut yang sudah terlalu tua usianya tidak bisa dirawat di Wisma Atlet. Saat ini kondisi RS Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran sudah hampir penuh. Per 21 Januari 2021 lalu, jumlah tempat tidur yang terpakai pun sudah mencapai 79,6 persen atau 4.771 bed.

Bagi warga DKI Jakarta yang dinyatakan positif tanpa gejala bisa melakukan isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran. Saat ini ada dua menara atau tower yang disiapkan oleh pemerintah untuk menampung OTG yang berdomisili Slot Online Terbaik di DKI Jakarta. “Untuk pelaksanaan yang kaitannya dengan swab, itu apabila untuk penderita, untuk fasilitas kesehatan semua ditanggung pemerintah. Dan demikian isolasi mandiri ditanggung pemerintah,” ungkap Wiku.

Mereka yang harus tetap bepergian keluar rumah bisa menerapkan bodily distancing, yaitu menjaga jarak dengan orang lain. WHO merekomendasikan untuk menjaga jarak lebih dari satu meter dari orang terdekat. “Alhamdulillah sih, saya sudah dinyatakan negatif Corona dan tinggal menunggu arahan dari dokter saja apakah sudah boleh pulang ke rumah atau belum. Tapi, meskipun sudah pulang juga harus melakukan karantina di rumah selama 14 hari.

Jika tidak memungkinkan untuk datang sendiri ke RS Darurat Wisma Atlet, maka silakan menelepon layanan call middle 119 ext 9. Ini adalah kontak nasional untuk mendapatkan layanan darurat terkait wabah corona. Setelah pasien menelepon, akan ada petugas 119 yang akan menjemput dan mengantarnya ke RS Wisma Atlet.

Menanggapi hal ini, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia , Zubairi Djoerban, menjelaskan mengapa biaya penanganan COVID-19 begitu mahal. Terkait transportasi untuk pasien Covid-19 menuju RS atau puskesmas, dikatakan bahwa pemerintah menyediakan ambulans. Kendaraan itu bisa dimanfaatkan untuk menuju RS ataupun puskesmas sehingga menghindari risiko menularkan Covid-19. Pada sore hari, ungkap Yahya, para pasien di Wisma Pademangan kembali diminta untuk berolahraga atau beraktivitas di luar kamar.

Menurutnya, pemerintah telah menyiapkan fasilitas lodge bintang 2 dan 3 untuk isolasi orang tanpa gejala. Kini terdapat 10—15 hotel di Jakarta yang telah digandeng dengan kapasitas 1.500 kamar atau sebanyak 3.000 orang. Aris mengatakan Wisma Atlet belum menyediakan tempat isolasi mandiri bagi pasien bergejala ringan dan orang tanpa gejala . Sebab, kapasitas ruang rawat inap bagi pasien covid-19 bergejala sedang hingga berat lebih diperlukan. Wah ternyata pasien positif virus corona yang diisolasi di wisma atlet tampak tetap bisa menjalani kehidupan mereka sehari-hari ya. GridFame.id -Seperti yang kita ketahui, Wisma Atlet Kemayoran dijadikan sebagai rumah sakit darurat untuk penanganan virus corona.

Wisma atlit gratis bagi penderita covid

Sembilan provinsi itu ialah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua. Untuk menangani masalah itu, Luhut berduet dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo. Tentu senyaman-nyamannya dirawat di Wisma Atlet, tetap lebih nyaman tinggal di rumah sendiri. Oleh karena itu, masyarakat harus disiplin mengikuti protokol untuk tetap di rumah dan menerapkan gaya hidup sehat. Pokoknya selama 14 hari itu juga harus minimalisir kontak dengan keluarga, misalnya tidak pakai alat makan yang sama.

Abel