Presiden Xi Jinping Kepada Jokowi

Kemudian jika diperlukan vaksin dosis ganda, jumlah vaksin yang harus dibeli akan dikali dua. Oleh karena itu, Indonesia perlu mengeluarkan devisa impor setidaknya US$8,2 miliar untuk memvaksinasi 50% dari 273,5 juta penduduknya. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat nilai defisit perdagangan kita tahun lalu sebesar US$3,2 miliar. Perluasan industri tersebut dapat mendatangkan lebih banyak lapangan pekerjaan baru, meski jumlahnya kecil dibandingkan dengan three,5 juta pekerjaan yang hilang selama pandemi.

Selain itu, kedua pihak bersepakat untuk melaksanakan pembentukan padang rumput laut ekologis dan proyek percontohan untuk desalinasi air laut. Selain itu, kedua negara juga menolak gerakan nasionalisme vaksin dan akan mencegah kesenjangan KONG4D vaksin. “Kedua belah pihak sepakat untuk mendukung dalam hal hak kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19, serta mendorong aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin yang lebih besar,” tulis keterangan resmi Kemenlu China.

Indonesia dan China bekerja sama untuk produksi vaksin covid

Selain itu, hasil analisis terhadap efikasi vaksin CoronaVac dari uji klinik di Bandung menunjukkan efikasi vaksin sebesar sixty five,3%, dan berdasarkan laporan dari efikasi vaksin di Turki adalah sebesar 91,25%, serta di Brazil sebesar 78%. Hasil tersebut telah memenuhi persyaratan WHO dengan minimal efikasi vaksin adalah 50%. “Efikasi vaksin sebesar 65,3% dari hasil uji klinik di Bandung tersebut menunjukkan harapan bahwa vaksin ini mampu untuk menurunkan kejadian penyakit COVID-19 hingga sixty five,3%,” ujar Kepala Badan POM. “Kriteria ketiga, obat memiliki mutu yang memenuhi standar yang berlaku serta dan Cara Pembuatan Obat yang Baik. “Secara internasional, kebijakan EUA ini selaras dengan panduan WHO, yang menyebutkan bahwa EUA dapat ditetapkan dengan beberapa kriteria.

Sementara itu, Luhut mengatakan Jakarta berharap dapat bekerja sama dengan Beijing di seluruh rantai industri vaksin, termasuk penelitian, pengembangan, dan produksi. “Tidak diragukan lagi China sedang mepraktikan diplomasi vaksin dalam upaya memperbaiki citranya yang ternoda,” kata Huang Yanzhong, seorang rekan senior untuk kesehatan global di Council on Foreign Relations , kepada AFP. Bahkan dengan kapasitas yang telah ditingkatkan, Indonesia masih membutuhkan waktu beberapa tahun untuk memasok kebutuhan pasar domestik dan juga Asia Tenggara.

Setelah merancang cetak biru dengan pihak Sinovac, Bio Farma juga telah mengirimkan proposal kerja sama dengan The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations . Tujuan Bio Farma adalah ikut serta sama uji klinis untuk vaksin virus corona dan sudah dilakukan peninjauan. Hal tersebut akan dilaksanakan oleh PT Bio Farma, salah satu badan usaha milik negara di sektor farmasi. Rencananya, badan usaha tersebut akan bekerja sama dengan China untuk mengembangkan vaksin virus corona yang akan dibuat di Indonesia.

Abel