Manfaat Menggunakan Masker

Anjuran memakai masker juga diterapkan pada orang yang sehat, atau tidak hanya bagi mereka yang merasa kurang enak badan. Pada dasarnya, alasan memakai masker mulut adalah sebagai alat bantu untuk melindungi, mencegah, dan mengurangi efek negatif dari partikel polusi atau kuman di udara yang dapat mengganggu kesehatan kita. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah berpolusi tinggi, ini adalah alasan utama untuk memakai masker mulut ketika keluar rumah. Masker anti polusi, terutama masker N95, bisa menyaring udara yang kotor sebelum terhirup oleh hidung. Jika dipakai dengan benar, masker bisa cukup mengurangi risiko penularan virus corona Covid-19.

Wiku melanjutkan, ketika ada seseorang yang beraktivitas di luar tanpa mengenakan masker, mereka mesti diingatkan untuk segera mengenakan masker kain. “Kalau tidak punya masker, kita beri mereka masker. Tapi harus masker yang diberikan kepada orang lain betul-betul yang masih bersih,” katanya. Nah bagi kita yang sering beraktivitas di luar rumah, bukan termasuk tenaga medis, dan tidak sedang mengalami sakit maka diharuskan menggunakan masker kain pada saat berada di luar rumah. Hal itu karena sifatnya tidak hanya untuk penyaringan, tetapi juga untuk elektrostatis yang terjadi antar bahan berbeda tersebut.

Polres Kudus – tribratanews.jateng.polri.go.id, Pentingnya penggunaan masker untuk melindungi diri dari ancaman Covid-19 selalu menjadi imbauan yang disampaikan personel Patroli Polsek Undaan Polres Kudus kepada warga di wilayah Kudus. Seperti saat menjumpai warga di Jalan Kudus – Purwodadi yang tidak menggunakan masker, segera turun dan menyampaikan imbauan. Produk ini juga mengandung Organic Rose Water yang dapat menyegarkan dan menghidrasi kulit wajah setelah terpapar udara lembap di balik pemakaian masker yang terlalu lama. Hasilnya, kulit wajah pun jadi segar dan bersih glowing meski di balik masker.

Hal ini selaras dengan studi terbaru di Amerika Serikat, yang mengarahkan semua orang harus mengenakan masker untuk pencegah penularan virus corona. Meski begitu, masker ini lebih efektif bila dikenakan oleh orang yang sedang sakit untuk mencegah penularan kuman ke orang lain, ketimbang oleh orang yang sehat untuk melindungi diri dari penyakit. Meski begitu, The Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan penggunaan masker kain kepada masyarakat luas untuk menekan penyebaran Virus Corona, terutama oleh orang yang sudah terinfeksi Virus Corona namun tidak mengalami gejala apa pun dan tampak sehat.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini Pemerintah Kecamatan tidak bisa bekerja sendiri, butuh peran serta dan kesadaran langsung dari semua elemen masyarakat. Salah satunya dengan tertib menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah, Mudah-mudahan dengan kegiatan ini masyarakat bisa semakin tertib dan patuh dalam menggunakan masker,” pungkasnya. Game Slot Online Meski masker kain tidak seefektif masker medis atau masker N95, tetapi jika masker kain dipakai dengan benar dapat membantu mencegah penularan virus. Masker kain yang disarankan adalah masker kain yang memiliki 2 lapis dan bisa ditambahkan kain lapisan lagi dengan bahan yang nyaman saat digunakan termasuk tali pengikatnya tidak longgar juga tidak ketat.

Tapi perlu diingat, memakai masker mulut tidak bisa dijadikan pelindung sempurna dari polusi, virus, atau kuman. Bisa jadi masih ada celah longgar antara masker dengan wajah yang memungkinkan kuman atau partikel kecil masuk ke mulut atau terhirup oleh hidung. CDC merekomendasikan orang mengenakan masker kain, terutama karena masker bedah saat ini pasokannya sangat terbatas dan lebih diprioritaskan bagi pasien COVID-19 serta tenaga medis. Penggunaan masker wajah ini memang cukup menjanjikan untuk mencegah penularan penyakit, tetapi juga penting bagi kita untuk melakukan upaya pencegahan lainnya. Selain untuk sosialisasi vaksin, agar tetap menaati protokol kesehatan 5M. Kami mengimbau agar masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi Covid 19, agar segera melaksanakan vaksin.

Penting nya memakai masker

Sementara itu, masyarakat bisa mengenakan masker kain baik buatan sendiri maupun beli di luar sepanjang memenuhi persyaratan. Penggunaan masker kain jauh lebih baik ketimbang tidak mengenakan masker sama sekali. Baik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 maupun CDC merekomendasikan penggunaan masker kain bagi masyarakat umum ketika berada di luar ruangan. Terutama saat di tengah situasi yang menyulitkan untuk penerapan aturan jaga jarak fisik , seperti di pasar, grocery store, dan angkutan umum. Selama Pandemi Covid-19, Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 mengatakan semua pihak wajib memakai masker.

Abel