Kurangnya Pemahaman Tentang Pentingnya Memakai Maskser, Mahasiswa Uns Melakukan Pembagian Masker Sebagai Pencegahan Covid

Salah satu cara yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari yaitu dengan wajib menggunakan masker di tiap aktivitas saat berpergian ke luar rumah. Lewat program KKN ini, masyarakat diberi kesadaran serta memperoleh edukasi yang sama terkait langkah pencegahan Covid-19 dan selalu menaati protokol kesehatan yang diberikan. Selain berupa edukasi , mahasiswa Undip membagikan sebuah poster ke tiap Ibu-Ibu PKK yang tujuannya Tembak Ikan Terpercaya agar poster tersebut ditempel di tiap rumah dan menjadi himbauan kecil untuk menaati protokol kesehatan yang ada. PIKIRAN RAKYAT – Untuk menghindari penularan virus corona atau Covid-19, Pemerintah Kota Depok mengingatkan warganya untuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Penggunaan masker baik masker media maupun masker kain merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

Agar kita tidak tertular virus itu jangan lupa selalu menggunakan masker saat keluar rumah ya. Ahli patologi klinis dari Universitas Sebelas Maret dr Tonang Dwi Ardyanto, PhD menyebut penggunaan masker sangat penting dilaksanakan saat pandemi corona. Pasalnya, penggunaan masker yang benar bisa efektif mencegah penularan Covid-19. Bagi orang yang sehat, memakai masker itu penting untuk mencegah virus masuk ke tubuh melalui mulut ataupun hidungnya. Saat kita belajar di rumah, kita juga sudah turut membantu pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Orang yang tidak sadar bahwa dirinya positif corona bisa saja menulari orang lain tanpa sengaja ketika berinteraksi tanpa masker.

Penting nya memakai masker

Jelaskan dengan singkat dan bahasa yang sederhana sesuai usianya, tidak perlu terlalu element, serta to-the-point. “Bagi orang yang belum memakai masker saat berada di luar rumah, kita dapat mengajak mereka atau bahkan memberikan masker bersih,” tambahnya. Oleh karena itu penggunaan masker harus ditekankan dengan benar kepada masyarakat mulai dari memilih jenis masker, memakainya dengan benar, melepas, dan cara membuangnya. Menurutnya pasar tradisional merupakan tempat yang ramai dikunjungi oleh orang banyak dalam satu waktu dan biasanya sulit melakukan pembatasan jarak fisik dikarenakan ramainya pengunjung. Namun para pedagang harus tetap berjualan dan pembeli pun harus mendapatkan bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari.

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang disiplin pun terus digencarkan oleh semua pihak, mulai dari masyarakat umum, organisasi swasta hingga lembaga pemerintahan. Seperti sebelumnya, masyarakat yang melanggar penggunaan masker langsung diberhentikan dan diarahkan ke tempat sidang. Pertama-tama mereka dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pemberian masker. Kemudian dilanjutkan dengan penyidikan oleh PPNS dari Satpol PP Kabupaten Probolinggo hingga sidang.

Jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas. Jika sedang sakit, Anda lebih disarankan menggunakan masker dengan ketiga fungsi tersebut karena efektif dalam mencegah penyebaran penyakit menular, seperti infeksi virus Corona. Meski efektif untuk menghadang virus Corona, karena stoknya yang makin menipis, saat ini masker bedah lebih diutamakan untuk melindungi tenaga medis yang bekerja di pelayanan kesehatan atau orang yang sedang sakit guna mencegah penularan virus ke orang lain.

Hal ini penting diketahui karena semakin hari penambahan kasus pasien positif Covid-19 semakin bertambah, sehingga rencana untuk membuka pariwisata bagi mancanegara menjadi tertunda lagi, hal ini tentu saja sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat di Bali. Kondisi ini disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Adhana Sukawati saat menghadiri peringatan HUT ke-29 Bali Volkswagen Division, di Soewan Pancasari, Buleleng, Sabtu (29/8). Oleh karena itu harus waspada disetiap melakukan aktivitas yang akan berinteraksi dengan orang lain, antara lain wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan sering-sering mencuci tangan. Antara lain dengan meningkatkan aliran udara ventilasi, menggunakan ventilasi alami, hindari penggunaan resirkulasi udara , mengurangi jumlah orang yang sharing dalam satu ruangan atau mengurangi kepadatan ruangan termasuk menjaga jarak. Terkait pentingnya masker untuk mencegah penularan virus corona, Wiku menyebut Indonesia telah mampu membuat masker yang mampu menyaring masuknya virus hingga 88 persen, dan menyaring masuknya bakteri hingga 99 persen. Masker kain dari bahan polyester yang dibuat Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament ini, memiliki kemampuan menyaring yang setara dengan masker bedah.

Abel