Erick Thohir

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, di tengah kondisi ketidakpastian pemerintah Indonesia dan China menyepakati kerja sama vaksinasi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Di dalam jangka pendek, Indonesia mengharapkan pemerintah RRT memberikan dukungan pengiriman vaksin dan komitmen dapat dilakukan sesuai waktu. “Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah free of charge,” kata Presiden Jokowi. Selain itu Kementerian BUMN juga melakukan terobosan baru di mana Bio Farma melakukan kerja sama pengembangan vaksin COVID-19 dengan Baylor College of Medicine, Amerika Serikat.

Airlangga mengatakan, hubungan bilateral dengan Russia memiliki nilai yang sangat strategis. Kedua negara menjalin kerja sama di berbagai bidang, baik dalam discussion board bilateral maupun multilateral. “Ke depan, peningkatan kerja sama juga diperlukan untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan cara memproduksi di negara-negara lain,” kata menlu. Oleh karena itu, menlu berharap peningkatan kerja sama ASEAN dan Tiongkok dalam dukungan terhadap ASEAN Covid-19 Response Fund, berbagi lebih banyak dosis melalui Covax Facility demi memenuhi akses vaksin yang setara untuk seluruh negara .

Indonesia juga membangun potensi pengembangan kerja sama vaksin Covid-19 dengan perusahaan vaksin China. Kerja sama ini diharapkan dapat membantu Indonesia dalam penyediaan vaksin secara mandiri. Selain itu, kerja sama tersebut juga mendukung Indonesia menjadi regional hub untuk produksi vaksin di kawasan.

Fakta tersebut pun mendorong pemerintah Indonesia untuk bisa mengambil peluang tersebut guna mendukung industri farmasi Tanah Air.”Sehingga kemarin kami langsung membuat negosiasi untuk memproduksi di Indonesia,” katanya. Ia mengatakan kementeriannya terus mensinergikan upaya dalam memaksimalkan peluang untuk mempersiapkan Biofarma sebagai mitra produksi vaksin CEPI. Sementara itu, Retno mengatakan Duta Besar RI di Oslo, Norwegia, terus melakukan komunikasi intensif dan memfasilitasi proposal kerja sama pengembangan dan produksi vaksin dengan yayasan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations . Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Menuturkan PT Kalbe Farma Tbk tengah bekerja sama dengan perusahaan bioteknologi pelat merah Korsel, Genexine Inc., meneliti kandidat vaksin corona dengan menggunakan platform jenis vaksin DNA.

Sinovac juga akan bekerja sama dengan perusahaan induk farmasi Indonesia, Bio Farma, untuk memproduksi vaksin Covid-19. Kedua negara sepakat pula untuk saling mendukung dalam pengembangan vaksin Covid-19 di negara masing-masing, sembari terus meningkatkan kerja sama di bidang pengobatan tradisonal, penelitian, pengembangan obat, industri farmasi, dan bidang kesehatan lainnya. RI melalui Biofarma melakukan kesepakatan dengan tiga perusahaan farmasi Cina, yakni Sinovac, Sinofarm dan CanSino.

Pemerintah China juga menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan Indonesia pada bidang pariwisata, pertanian, perdagangan, keamanan digital, keselamatan pelayaran, penelitian kelautan, dan perlindungan terhadap lingkungan. Hera menyebutkan, sambil menunggu ketersediaan vaksin, semua elemen masyarakat harus tetap menerapkan protokol hidup sehat, serta menjaga jarak dan interaksi sosial. Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam pembukaan rapat meminta jajarannya untuk membuat detail rencana vaksinasi. Dia meminta agar penyusunan rencana tersebut rampung dalam dua pekan agar saat vaksin telah ada, pelaksanaan di lapangan dapat segera dilakukan. BPOM juga terus melakukan komunikasi dengan Sinofarm dan G42, perusahaan asing yang juga berkerja sama dengan Indonesia terkait vaksin.

“Pada tahap awal, kami akan memberikan prioritas vaksin kepada mereka yang di garda terdepan, yaitu medis dan paramedic, pelayanan public, TNI/Polri, dan seluruh tenaga pendidik” kata Menkes Terawan. Novilia mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Sinovac karena sejumlah alasan diantaranya Sinovac dinilai sudah memiliki pengalaman dalam pengembangan vaksin SARS dan H1N1, sudah memiliki produk “inactivated”, dan sudah memiliki produk yang mendapat kualifikasi dari WHO. Vaksin berbasis virus yang diinaktifkan itu dipilih karena teknologinya sudah dikenal dan digunakan di dunia cukup lama, tidak perlu menggunakan alat injeksi khusus , dan sudah “advance” dalam daftar kandidat vaksin Covid-19 Badan Kesehatan Dunia .

Sebagai bagian dari transparansi dan akuntabilitas, dalam waktu dekat Bio Farma diminta memaparkan kepada publik mengenai biaya pembelian vaksin dari semua mitra kerjasamanya. Menkes kemudian menegaskan bahwa para garda terdepan dan yang tidak mampu secara ekonomi akan dibayarkan vaksinnya oleh Pemerintah “mereka yang di garda terdepan dan peserta Penerima Bantuan Iuran alias PBI dalam BPJS Kesehatan akan ditanggung biaya vaksinnya oleh Pemerintah. Dia menuturkan tantangan dalam pengembangan vaksin yaitu teknologi, biaya yang mahal, proses produksi yang membutuhkan Slot Online Indonesia pendanaan dan kapasitas yang besar dan penerimaan vaksin karena dikaitkan dengan isu keamanan dan halal. Kandidat vaksin Covid-19 buatan Sinovac itu sudah masuk tahap uji klinis III di Brazil dan Bangladesh, dan akan dilakukan di Indonesia yang rencananya pada Agustus 2020. Namun, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir belum menjelaskan terperinci, mengenai kerja sama produksi vaksin yang akan dilakukan Indonesia dan China. Lebih lanjut, Reisa mangatakan vaksinasi merupakan upaya pemberian kekebalan tubuh untuk melawan virus yang sudah dikenali.

Indonesia dan China bekerja sama untuk produksi vaksin covid

Pemerintah Thailand juga menggandeng pengembang vaksin AstraZeneca untuk memproduksi vaksin itu di Thailand. Sebagian besar dari 92,2 juta dosis vaksin COVID-19 di Indonesia sendiri dipasok oleh China. JAKARTA, KOMPAS.TV – Indonesia berhasil menarik perhatian China untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi vaksin regional dan meningkatkan impor China dari Indonesia untuk mengurangi defisit perdagangan dengan Indonesia, demikian dilansir dari Straits Times. Beijing, Beritasatu.com – Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menyatakan keseriusannya membantu Indonesia sebagai pusat produksi vaksin Covid-19 di kawasan Asia Tenggara .

Jenis antivirus yang telah mendapat persetujuan dari 5 asosiasi dokter di Tanah Air, antara lain remdesivir, favipiravir, lopinavir, ritonavir, dan oseltamivir. Dia menambahkan, kedua belah pihak harus mendorong implementasi Regional Comprehensive Economic Partnership dan mendorong liberalisasi perdagangan regional dan integrasi ekonomi. Megawati percaya, keberadaan BRIN sebagai analysis based coverage dapat menjadi guidelines dengan berdasarkan dengan Pancasila. Dia berharap, BRIN juga dapat mempercepat jalan kemajuan Indonesia untuk berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari, khususnya di bidang ekonomi. Agus pun mengajak semua pihak untuk dapat saling bersinergi untuk meredam berbagai narasi negatif di media sosial.

Abel