Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah menambahkan, vaksinasi kali ini dilakukan untuk mempercepat proses vaksinasi bagi tenaga kesehatan yang ditargetkan selesai April 2021. Bila diberikan secara massal, vaksin COVID-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok dalam masyarakat. Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya. Video aksi protes warga dengan menanam pohon pisang dan menonton TV di jalan rusak seketika menjadi viral di media sosial.

Oleh karena itu, bagian pertama buku ini akan mengkaji dampak Covid-19 terhadap perilaku pribadi, perilaku masyarakat dan kekhawatiran-kehawatiran yang timbul di masyarakat selama pandemi. Selain itu rumah tangga akan mengalami tekanan baik dari sisi pendapatan dan pengeluaran. Oleh karena itu, bagian kedua buku ini akan mengkaji dampak Covid-19 terhadap pendapatan, pengeluaran dan perilaku masyarakat berbelanja on-line Situs Slot Judi Online Resmi di Indonesia. Penurunan pendapatan dialami karena penurunan aktivitas ekonomi masyarakat, sementara terjadi peningkatan belanja pemerintah, khususnya untuk bidang kesehatan dan sosial.

Dokumen bersama tersebut misalnya adalah Dropbox Paper, Google Docs, dan Google Sheets. Dengan alat-alat daring seperti itu, mereka dapat membuat dan menyunting suatu dokumen secara bersama-sama di tempat dan waktu yang berbeda-beda. Jika peserta didik ingin ruang yang lebih luas untuk berdiskusi, mereka juga dapat diinformasikan untuk menggunakan Slack, DingTalk, ataupun Lark. Tentu saja, pemilihan alat-alat tersebut juga tetap memperhatikan kefamilierannya dengan peserta didik dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran daring yang dilangsungkan.

Tercatat pada 2Agustus 2020 mencapai lebih dari 111 ribu kasus di Indonesia. Penyebaran kasus juga terjadi di Kabupaten Cilacap dimana terdapat 79 pasien positif Covld-19 dan school from home .Beberapa kebijakan yang diambil membatasi mobilitas penduduk Cilacap dan berdampak langsung pada kegiatan perekonomian. Pemerintah pusat dan daerah berupaya keras untuk mengatasi pandeml tersebut. Setelah melakukan pembatasan, pemerintah menyiapkan masyarakat untuk memasuki era New Normal supaya kegiatan perekonomian kembali bergerak dengan tetap menetapkan protokol kesehatan.

Permasalahan yang terjadi bukan hanya terdapat pada sistem media pembelajaran akan tetapi ketersediaan kuota yang membutuhkan biaya cukup tinggi harganya bagi siswa dan guru guna memfasilitasi kebutuhan pembelajaran daring. Kuota yang dibeli untuk kebutuhan internet menjadi melonjak dan banyak diantara orangtua siswa yang tidak siap untuk menambah anggaran dalam menyediakan jaringan internet. Kesembilan upaya tersebut dapat digunakan oleh kalangan psikologi, baik sebagai individu maupun organisasi, serta pemerintah untuk menimbang intervensi yang paling sesuai dalam rangka perubahan perilaku untuk kenormalan baru sebagai dampak dari wabah COVID-19. Adapun kelompok masyarakat yang belum sadar tentang pentingnya perilaku hidup sehat secara fisik dan mental, perlu terus didorong dengan kampanye yang misalnya mengkombinasikan gain-loss framed messages, konsep dari Tversky & Kahneman. Prinsipnya, perubahan perilaku dapat terjadi apabila ada keseimbangan informasi yang diberikan terkait keuntungan kalau menjalankan perilaku hidup sehat dan kerugian kalau tidak menjalankannya.

Salah satunya melakukan jarak sosial atau social distancing seperti menghindari pertemuan di ruang publik dalam jumlah massa yang banyak, dengan maksud dan tujuan untuk mencegah penyebaran virus corona ke dan dari orang lain. Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak, tanpa persiapan yang matang. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Publikasi ini memotret dampak COVID-19 terhadap aspek sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Demak pada masa new regular.

Covid sudah berlangsung 1 tahun

Batuk, bersin, atau berbicara dapat menghasilkan percikan yang dapat menjadi sumber penularan. Percikan ini dapat menempel di wajah orang lain di dekatnya dan lingkungan sekitar. Jika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara saat mengenakan masker medis, penggunaan masker dapat membantu melindungi orang-orang terdekat dari infeksi. Jika orang sakit perlu pergi ke fasilitas kesehatan, mereka harus memakai masker medis. Panglima TNI mengingatkan, setelah divaksin tetap harus menjaga disiplin protokol kesehatan , menggunakan masker dan menjaga jarak. “Jangan dianggap setelah divaksin kekebalan tubuh tinggi sekali. Tapi setelah divaksin, kita kuat untuk menghadapi Covid-19 dengan catatan harus menggunakan masker. Itu yang saya selalu tekankan ke tempat pelaksanakan vaksinasi,” tutur Panglima TNI.

Abel